Pengertian dan Manfaat Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Publié le par Bernard

Pengertian dan Manfaat Pembangkit Listrik Tenaga Surya

 

Panel surya merupakan sebuah alat yang terdiri dari sel surya. Alat ini dapat mengubah cahaya menjadi listrik. Panel surya ini disebut juga dengan sel photovoltaic. Photovoltaic artinya “cahaya listrik”. Jadi, panel surya ini merupakan sistem pemasangan panel yang fungsinya dapat menyimpan energi yang didapat dari matahari. Panel ini kemudian dapat dimanfaatkan sebagai tenaga pembangkit listrik. Saat ini banyak yang memanfaatkan panel surya ini sehingga ia dapat menjadi menghasilkan listrik secara mendiri dan tidak bergantung sepenuhnya pada PLN. Untuk menggunakan panel surya ini tentunya tidak sembarangan. Anda harus mengetahui terlebih dahulu biaya pemasangan panel tersebut.

 

Manfaat Panel Surya

Setelah mengetahui apa itu panel surya, selanjutnya yaitu mengetahui apa saja manfaat panel surya ini. Beberapa manfaatnya adalah sebagai berikut.

1.     Sebagai penangkap panas.

Karena panel surya ini berfungsi sebagai penangkap panas, maka alat tersebut banyak dimanfaatkan pemanas air untuk menghasilkan uap yang nantinya hal itu digunakan sebagai pembangkit listrik.

2.     Untuk kebutuhan listrik rumah tangga maupun kantor

Dengan panel surya, anda akan terhitung lebih hemat karena alat tersebut tidak membutuhkan bahan bakar. Tidak hanya itu, untuk memasang alat tersebut juga tidak memerlukan lahan yang luas. Alat tersebut sangat praktis dapat dipasang dan dipindahkan dengan mudah dimana saja. Selain itu, alat ini juga bisa dijadikan sentralisasi yang dapat menyalurkan listrik ke tempat- tempat lainnya. Dengan artian, panel surya ini bisa dijadikan sumber listrik secara umum maupun pribadi.

3.     Dalam pengoperasiannya juga bisa dilakukan secara otomatis dan tidak menyebabkan polusi udara dan tidak pula menimbulkan suara yang mengganggu sekitar.

4.     Bersifat moduler

Artinya, kapasitas listrik yang dihasilkan bisa disesuaikan. Caranya yaitu dengan merangkai modul baik secara seri maupun paralel.

 

Biaya Pemasangan Panel Surya

Sebelum anda melakukan pemasangan alat panel ini, anda juga harus memperhatikan biaya pemasangannya. Biaya ini tidak sama antar rumah satu dan yang lainnya. Jumlah biaya tergantung pada hal- hal berikut ini.

1.     Berapa kebutuhan jumlah total beban yang akan digunakan.

2.     Berapa lama beban yang dibutuhkan tersebut akan dihidupkan.

3.     Jika alat tersebut hanya digunakan saat malam hari, maka penggunaan baterainya relatif tidak berat sehingga jumlahnya bisa dikurangi.

Dari beberapa poin di atas, harga dari setiap panel bergantung dari seberapa banyak kebutuhan atau beban listrik yang akan anda gunakan. Dengan mengetahui manfaat serta poin penting terkait besaran biayanya, anda bisa memiliki pengetahuan lebih serta rencana kedepannya mengenai panel surya ini, apakah anda ingin memasangnya di rumah, kantor, atau pemasangan alat tersebut untuk dijadikan sentralisasi pembangkit listrik tenaga surya sehingga tidak sepenuhnya bergantung pada PLN. Anda akan merasakan manfaatnya jika anda telah memasang panel surya ini nantinya.

 

Commenter cet article