Membuat Lampu Tenaga Surya Sederhana

Publié le par Bernard

Membuat Lampu Tenaga Surya Sederhana

Lampu tenaga surya. Pasti anda memikirkan sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Surya kan? Mungkin juga ada anggapan bahwa teknologi tenaga surya ini belum dimanfaatkan di Indonesia. Padahal, lampu tenaga surya sudah banyak digunakan juga di Indonesia, terutama sebagai lampu taman tenaga surya, pompa air, penerangan jalan, dan lampu lalu lintas. Lampu tenaga surya yang dimaksud juga tentu lampu tenaga surya yang menggunakan sistem solar cell/photovoltaic yang artinya mengonversi energi cahaya menjadi energi listrik.

Nah, dalam artikel ini, yang akan kita coba adalah lampu tenaga surya yang sederhana, dan sistemnya sangat berbeda dengan sistem photovoltaic. Lampu ini juga tidak menggunakan baterai, sehingga tidak berfungsi pada malam hari, berbeda dengan lampu taman tenaga surya yang ada di pasaran yang memang akan menyimpan energi di siang hari dan lalu pada malam hari baru memancarkan cahaya. Ini bisa menjadi proyek sains sampingan yang menarik. Tetapi anda harus teliti dan telaten membuat lampu ini, agar lampu ini dapat digunakan secara maksimal. Mungkin di sini kita tidak menggunakan bahan-bahan yang harus kita beli lagi. Gunakan saja barang-barang bekas yang ada untuk membuatnya.

 

Bahan-Bahan Untuk Membuat Lampu Tenaga Surya

1. Botol PET yang tidak digunakan lagi

2. Lempengan plat logam atau seng (berbentuk persegi kecil saja)

3. Sediakan lem silikon

4. Pemutih pakaian

5. Air mineral

6. Amplas

 

Langkah membuatnya:

1. Buatlah 2 gambar lingkaran pada bagian lempengan seng tadi dengan ukuran 1-2 cm lebih besar. Lingkaran dalam kira-kira seukuran dengan diameter botol yang akan kita gunakan.

2. Potonglah bagian isi dalam lingkaran jangan sampai melewati batas garis lingkaran luar.

3. Setelah lingkaran bagian dalam terpotong, buatlah potongan-potongan itu terangkat ke bagian luar dan buatlah jarak antar potongan 1 cm saja, tapi jangan sampai melewati garis lingkaran terluar.

4. Amplas bagian luas botol dan lepaskan label tersebut, yang bertujuan untuk mempermudah proses penempelan nanti pada lampu tenaga surya.

5. Masukan botol tadi ke dalam lubang yang telah anda buat tadi dengan perbandingan 1/3 ukuran botol dari sisi yang ada tutupnya tersebut. Oleskan lem di sekitar lubang untuk lebih membuat daya rekat pada botol dan terhindar dari kebocoran.

6. Setelah lem yang tadi kering, isi botol tersebut dengan air mineral hingga penuh. Lalu tuangkan  pemutih pakaian 1 tutup botol ke dalam botol tersebut.

7. Lampu botol yang anda buat sudah siap digunakan, sekarang hanya tinggal tahap instalasi saja.

 

Cara Penginstalasian Menurut Kebutuhan Dan Kondisi Tempat:

1. Buat lubang seukuran botol di bagian atap yang ingin anda pasang lampu ini.

2. Tempatkan lampu di atas bagian tempat yang telah anda lubangi dan gunakan paku untuk mengencangkan sisi samping setiap botol pada atap yang anda lubangi tadi.

4. Oleskan lem pada setiap lubang atau sisi yang masih dapat membuat air masuk apabila hujan. Ratakan dan pastikan tidak ada celah yang masih belum diolesi.

5. Langkah terakhir hanya perlu anda oleskan lem pada tutup botol tersebut.

Nah selesai sudah, lampu tenaga surya yang sederhana anda kerjakan tadi. Selamat mencoba membuat lampu tenaga surya ya!

Publié dans lampu tenaga surya

Pour être informé des derniers articles, inscrivez vous :

Commenter cet article